Fungsi
dan Manfaat Media Pendidikan
A. Fungsi
Levie dan Lentz yang di kutip
Azhar Arsyad (2002: 16) mengemukakan bahwa “Ada empat fungsi media
pembelajaran, khususnya media visual,yaitu (a) fungsi atensi, (b) fungsi
afektif, (c) fungsi kognitif, dan (d) fungsi kompensatoris.”
Menurut Kemp dan Dayton dalam
bukunya Azhar Arsyad (2002: 21) bahwa penggunaan media pembelajaran sebagai
bagian integral pembelajaran di kelas atau sebagai cara utama pembelajaran
langsung dapat menunjukkan dampak yang positif bagi pembelajaran yaitu sebagai
berikut:
1) Penyampaian pelajaran menjadi lebih baku
2) Pembelajaran bisa lebih menarik
3) Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan
prinsip-prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan
balik dan pengetahuan.
4) Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat kerana kebnyakan mdia
hanya memerlukan waktu sinhkat untuk mengantarkan pesan dam sis pelajaran dalam
jumlah yang cukup banyak dan kemungkinanya dapat diserap oleh siswa.
5) Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan bilaman integrasi kata dan gambar
sebagai media pembelajaran dapat mengkomunikasikan elemen-elemen pengetahuan
dengan cara yang terorganisasikn dengan baik, spesifik, dan jelas.
6) Pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana diinginkan atau diperlukan
terutama jika media pembelajaran dirancang untuk penggunaan secra individu.
7)
Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dan terhadap proses
belajar dapat ditingkatkan.
8) Peran guru dapat berubah kea rah yang lebih positif: beban guruuntuk menjleskan
yang berulang-ulang mengenai isi elajaran dapat dikurangi bahkan dihilangkan
sehingga ia dapat memusatkan perhatian kepada aspek penting lain dalam proses
belajar mengajar.
B. Manfaat
Sudjana dan Rivai dalam bukunya
Azhar Arsyad (2002: 24) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses
belajar siswa, yaitu:
1) Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan
motivasi belajar;
2) Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh
siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran;
3) Metode mengajar akan bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui
penuturan kata-kata oleh guru, sehingga tidak bosan da guru tidak kehabisan
tenaga, apalagi kalau guru mengajar pada setiap pelajaran;
4) Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab hanya mendengarkan
uaraian guru, tetapi juga aktivitas lain sperti mengamati, melakukan,
mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.
Menurut Encyclopedia of
Educatioanal Reseach dalam Hamalik yang dikutip Azhar Arsyad (2002: 25)
merincikan manfaat media pendidikan sebagai berikut:
1)
meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berfikir, oleh karena itu mengurangi
verbalisme.
2)
memperbesar perhatian siswa
3)
meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembanganbelajar, oleh karena itu
membuat pelajaran lebih mantap.
4)
memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri
dikalangan siswa.
5)
menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup.
6)
membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan
berbahasa
7)
memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dan membantu
efisiensi dan keragaman yang banyak dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar